Novita Hardini Perkenalkan UMKM Trenggalek Untuk Bisa Go Global

BACASAJA.ID - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini perkenalkan UMKM dalam forum antar negara Women Entrepreneurs In Asia (WEA) tahun 2022 melalui video conference, Rabu (13/7/2022).

Menurut Novita istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, pengenalan ini bertujuan untuk mendorong UMKM lokal Trenggalek agar bisa naik kelas.

” Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan potensi UMKM perempuan Trenggalek, kepada seluruh negara yang terlibat dalam forum itu,” ungkapnya.

Dalam moment itu, Novita juga meminta tolong kepada mereka untuk bisa membantu produk UMKM daerahnya bisa go global. Dengan begitu harapannya pasar UMKM semakin luas dan produktifitasnya bisa meningkat.

“Ini adalah Conference antar negara. Trenggalek dengan Australia, Malaysia, Srilanka dan ada beberapa negara lainnya yang terlibat terkait potensi pemberdayaan perempuan yang bisa dikolaborasikan,” terangnya usai mengikuti kegiatan di Gedung Smart Center Trenggalek.

Ditambahkan Novita, Trenggalek memang memiliki beberapa pruduk. Seperti handycraft, batik, kemudian olahan ikan dan juga makanan lainnya. Khusus pengolahan ikan, potensinya sangat luar biasa.

Kendati demikian, masih membutuhkan bantuan luar, entah NGO, foundation atau apapun itu. Sehingga bisa menjadi profesional dan tentunya bisa ready memasuki pasar global.

“Jadi saya ingin mereka bisa membantu Trenggalek memasuki pasar global,” pungkasnya. (AFC)

 

Back to Top