Apresiasi Pasar Rakyat, Feligia Agit Berharap UMKM Ngawi Naik Kelas

NGAWI - Anggota Komisi IV DPRD Ngawi, Feligia Agit mengapresiasi acara pasar rakyat di Alun-alun Merdeka yang diikuti ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ia juga berharap ada langkah lanjutan yang harus dilaksanakan untuk menjadikan UMKM naik level.

Menurut legislator yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DPC PDI Perjuangan Ngawi tersebut, Pasar Rakyat di alun-alun Merdeka Kabupaten Ngawi dinilai bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan pasca pandemi Covid-19.

“Pasar rakyat ini even yang luar biasa. Ratusan pelaku UMKM dan usaha kreatif berkumpul semua,” kata Agit kepada pdiperjuangan-jatim.com di lokasi acara, Minggu (31/7/2022) malam.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Ngawi tersebut juga menyebut, even seperti pasar rakyat itu bisa terus diagendakan. Terlebih, selama dua tahun terakhir ini perekonomian masyarakat terseok-seok akibat pandemi Covid-19.

“Dua tahun perekonomian kita stagnan, perekonomian kita lesu, sekarang sudah mulai bergeliat, mudah-mudahan bisa bangkit lagi,” ujarnya.

Di samping itu, wakil rakyat dari PDI Perjuangan tersebut juga ingin para pelaku UMKM bisa naik kelas. Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang menjadi faktor pendukung. Pertama, perhatian dari dinas terkait. Utamanya menyangkut pembinaan, agar usaha mereka bisa naik kelas.

Kedua, Agit berpandangan, khusus bagi pelaku UMKM, harus mulai memanfaatkan teknologi digital untuk menaikkan kelas usahanya. Hal itu mengingat kondisi riil sekarang, dimana media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat.

“Kita juga berkomunikasi dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait, agar UMKM juga diperhatikan, dengan memberikan pendampingan. Untuk pelaku UMKM, kita juga mulai memantik agar memanfaatkan media sosial,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, animo masyarakat untuk mengunjungi Pasar Rakyat cukup luar biasa. Alun-alun Merdeka Kabupaten Ngawi ramai dipadati masyarakat Ngawi untuk menikmati suasana pasar rakyat.

“Kita apresiasi, luar biasa. Apalagi pasar rakyat ini juga rangkaian hari jadi Ngawi ke 664 tahun. Tapi tetap, kita mengimbau agar pengunjung menjaga protokol kesehatan,” papar Feligia Agit, Kepala BPEK Ngawi terkait Pasar Rakyat. (PPJ)

Back to Top