Teirma Tim Proklim Lestari, Santoso Dorong Semua Kelurahan Di Kota Blitar Mampu Jadi Kampung Iklim

BLITAR -Wali Kota Blitar Santoso terus mendorong semua kelurahan di wilayahnya mampu jadi Kampung Iklim. Harapan itu dia sampaikan usai menerima tim verifikator Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari, dari Kementerian LH dan Kehutanan, di ruang Samapta Pitaloka, Selasa (24/8/2021).

Santoso mengatakan, Kampung Iklim ini adalah program strategis. Untuk itu, Pemerintah Kota Blitar terus mendorong agar semua kelurahan mampu menjadi Kampung Iklim.

“Dari pengalaman sebelumnya, kelurahan yang sudah memperoleh predikat Kampung Iklim memiliki semangat luar biasa dalam mewujudkan adaptasi mitigasi iklim di wilayahnya,” ujar Santoso.

Menurutnya, untuk menuju Proklim Lestari, Kelurahan Tanjungsari sudah melakukan berbagai persiapan. Antara lain membudayakan sikap ramah lingkungan di masyarakat sejak 2015, dan saat ini sudah memiliki 12 RW binaan yang menerapkan budaya tersebut.

“Saya berharap hasil kunjungan lapangan ini sesuai dengan hasil verifikasi yang dilakukan secara online. Namun apapun hasilnya kami yang ada di Kota Blitar tetap berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, ini sebagai upaya mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca,” ungkap kader PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, I Komang Tri, Ketua tim verifikator menjelaskan, pihaknya sudah  melakukan verifikasi ke Kelurahan Tanjungsari, sejak 23 sampai 25 Agustus 2021.

Pada kegiatan tersebut tim verifikasi akan mencocokkan data kelengkapan sarana prasarana dan agenda kegiatan kampung yang dikirim oleh kelurahan sebagai persyaratan Proklim Kategori Lestari.

Antara lain, aksi mitigasi dan aksi adaptasi masyarakat, cara mengolah sampah dan limbah, pengayaan tanaman dan lain sebagainya.

“Seluruh nominator, Kelurahan Tanjungsari memiliki peluang untuk bisa terpilih sebagai Kampung iklim Kategori Lestari 2021. Tinggal bagaimana kondisi di lapangan dengan data yang sudah dikirim ke kami. Makanya mulai kemarin hingga besok kita verifikasi,” terang Komang.

Kelurahan Tanjungsari menjadi salah satu wakil Jawa Timur dalam penilaian Proklim Lestari 2021. Sedangkan satu wakil lainnya berada di Kota Surabaya. (PPJ)

Back to Top