Tim Bulu Tangkis Jawa Tengah Sabet Gelar Juara Umum Piala Presiden 2022

BACASAJA.ID - Tim bulu tangkis Jawa Tengah berjaya pada ajang Piala Presiden 2022yang berlangsung di Gedung Olah Raga Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, 1-6 Agustus. Mereka memastikan diri sebagai juara umum dan meraih trofi bergilir Piala Presiden untuk kali pertama.

Jawa Tengah memenangkan sembilan gelar juara, tujuh runner up, dan 12 semifinalis dari sebelas nomor yang dipertandingkan. Jawa Tengah yang berkekuatan PB Djarum Kudus dan PB Jaya Raya Solo berhasil menguasai sektor tunggal anak-anak putra, tunggal anak-anak putri, tunggal pemula putra, ganda pemula putra, ganda pemula putri, tunggal remaja putra, ganda remaja putra, ganda remaja putri dan ganda remaja campuran.

"Sudah pasti sangat senang karena ini adalah kejuaraan yang pertama kali digelar dan Jawa Tengah berhasil keluar sebagai juara umum," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah Basri Yusuf usai partai final, Sabtu (6/8).

"Tapi. kita tidak boleh lengah, tidak boleh kendur dalam pembinaan, justru malah dengan prestasi yang demikian spektakuler ini menjadi sesuatu tantangan ke depannya sangat berat. Saya juga berpesan kepada adik-adik untuk tidak berpuas sampai di sin, tetap terus berlatih karena tantangan-tantangan turnamen berikutnya semakin banyak," imbuhnya.

Basri juga menekankan pembinaan yang berkesinambungan adalah kunci sukses Jawa Tengah di turnamen bulu tangkis ini.

"Hasil ini adalah hasil yang luar biasa dan menjadi tolok ukur pembinaan kita di Indonesia," ucapnya.

"Kunci kemenangan Jawa Tengah menurut saya adalah pembinaan yang berkesinambungan dan pembinaan yang bertahap dari mulai U-11 sampai U-17", tutup Basri.

Senada dengan Basri, manajer tim Jawa Tengah Pujiasto juga mengaku senang dengan pencapaian yang diraih provinsi dengan ibukota Semarang itu.

"Yang pertama pasti senang ya melihat anak-anak berusaha tampil mati-matian. Mereka menyiapkan semuanya sejak Sirnas DKI Jakarta lalu hingga sampai di hari ini," kata Puji.

"Sebenarnya kami tidak menetapkan target apa-apa, takutnya anak-anak tampil penuh beban. Kami hanya menyampaikan untuk mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik dan bersyukur bisa juara," lanjutnya.

Selain trofi, Jawa Tengah sebagai juara umum berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 250 juta. Sementara peringkat kedua DKI Jakarta (satu juara, empat runner up, dan enam perunggu) mendapatkan uang pembinaan Rp 150 juta.

Peringkat ketiga ditempati Sumatera Utara (satu juara) dan berhak mendapatkan Rp 100 Juta. (L6)

 

Back to Top