Tak Gratis Saat Nataru, Ini Penjelasan Pengelola Tol KLBM

bacasaja.id - Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) menyiapkan 8 titik tol secara gratis saat libur Nataru 2023. Dari 8 tol tersebut, hanya ada satu tol di Jatim. Yakni Tol KLBM (Krian, Legundi, Bunder, Manyar).

Namun, pengelola Tol KLBM mengklarifikasi soal tarif gratis itu. Info awalnya, yang digratiskan adalah tol KLBM Ramp JC Wringinanom tahap 1 sepanjang 7,45 km. Sejauh ini, Pihak Tol KLBM masih melakukan koordinasi dengan BPJT pusat perihal pembebasan biaya tersebut. Sebab, Tol KLBM tidak sepenuhnya gratis.

"Kalau pihak kita setuju saja, dibuka fungsional karena sudah siap semua. Tapi takutnya masyarakat nanti salah paham, karena yang gratis itu di Ramp JC (Junction), yang menjadi penghubung Tol KLBM dengan Tol Trans Jawa. Di sana memang nggak ada pintu tolnya," kata Dicky F. Novianto, Sekretaris Perusahaan PT Waskita Bumi Wira, Sabtu (17/12/2022)

Dicky mencontohkan saat pengguna jalan tol dari Waru menuju Cerme, Gresik. Pengendara tersebut, nantinya tetap membayar tol saat keluar di pintu tol tujuan.

"Misalnya dari Waru, memang nggak bayar ketika melintas Ramp JC Wringinanom. Tapi begitu keluar, di pintu tol tujuan, akan dikenakan tarif," kata Dicky.

"Takutnya, pengguna jalan tol yang mendapatkan info tol KLBM gratis itu, nanti salah paham. Padahal memang gratis ketika melintas Ramp JC Wringinanom," lanjutnya.

Saat ini, tambah Dicky, ramp junction Wringinanom yang menghubungkan tol KLBM dengan tol Trasns Jawa sudah selesai dan siap difungsikan. Namun, hingga kini pihaknya masih menunggu SK dari Kementerian PUPR soal tarifnya.

"Sebenarnya sudah siap semua, tapi kita menunggu SLO (Sertifikat Laik Operasi) dan SK dari PUPR soal tarif. Kalau memang difungsionalkan, kita siap-siap saja. Kita ikut dengan pusat. Tapi sebelum itu, kita berharap SK tarif itu keluar. Sebab, Tol KLBM kan sekarang sudah tersambung dengan ruas tol lain yang bukan milik kita," tambahnya.

Dirinya pun menegaskan pengguna Tol KLBM tetap dikenakan tarif. "Tapi pada intinya kita sudah siap untuk mengurangi kemacetan saat libur natal dan tahun baru dengan membuka secara fungsional ramp JC KLBM dengan TransJawa. Tapi kita nanti akan koordinasikan dulu sengan pusat," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, ada 8 tol fungsional yang disiapkan untuk mendukung lalu lintas saat Nataru 2023. Meski gratis, pengguna jalan harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas.

"Fungsional memang tidak berbayar, meskipun di beberapa ruas harus tetap melakukan tapping e-money," kata Danang, Selasa (13/12/2022).


Back to Top