Kagumi Karya Masyarakat Sonokwijenan, Mahasiswa UNAIR Hadiahi Pembuatan NIB On The Spot

SURABAYA - Selasa (17/01/22) malam, sekelompok anak muda tampak sibuk mengisi acara di Balai RW 03 Kelurahan Sonokwijenan, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya. Mereka menata kursi, membagikan bingkisan berisikan roti dan minuman, serta mengoperasikan laptop dan printer.

Dengan menggunakan jaket almamater bersimbolkan Universitas Airlangga, sekelompok mahasiswa ini tampak bersemangat.

"Kami sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), hingga kurang lebih dua minggu ke depan. Alhamdulillah warga disini menerima kami dengan sangat baik." Ungkap Dhenatra Rifqy, salah satu peserta KKN tersebut dari Prodi Kedokteran Hewan.

"Banyak kegiatan yang dilakukan oleh warga disini secara mandiri. Mulai dari pelatihan melukis, sanggar tari, olahraga futsal, hingga pembuatan kerajinan. Semuanya diwadahi oleh Kampung Bakat yang digerakkan oleh Pak Istoyo. Semuanya tanpa pungutan biaya." Tambahnya.

Berangkat dari pengalaman dan kekaguman tersebut, mereka sepakat untuk mengadakan sosialisasi dan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara On The Spot bagi warga.

"Agar hasil karyanya dapat dinikmati lebih banyak orang. Juga agar UMKM disini dapat terkoneksi dengan program-program pemerintah." Ungkap Aryo Seno Bagaskoro dari Prodi Ilmu Politik.

Pria 21 tahun itu mengungkapkan bahwa kelompoknya sengaja mengundang tim dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk memberikan penjelasan dan membantu pengurusan NIB untuk warga yang memiliki usaha.

"Ada kurang lebih 40 warga yang hadir hari ini. Kami merasa bersyukur karena Pak Camat, Bu Lurah, Pak RW, dan seluruh perangkat berkenan hadir dan mendukung kegiatan-kegiatan positif untuk warga. Ada cerminan gotong royong yang sangat kental yang kami rasakan." Ujarnya.

"Warga tampak gemuyu dan sumringah. Wajahnya berseri-seri saat pulang ke rumah membawa map berisikan NIB. Mereka pulang tidak dengan tangan hampa. Kami pun ikut bahagia dapat menghadiahi kekompakan warga selama ini dalam menghasilkan karya." Imbuhnya.

May Ing, salah seorang warga yang hadir mengungkapkan rasa syukurnya.

"Sejak suami saya berpulang, saya belajar untuk bekerja secara mandiri dengan membuat kerajinan topi rajut. Puji Tuhan hari ini kami dibantu mendapatkan NIB oleh teman-teman mahasiswa UNAIR dan Pemerintah Kota Surabaya." Ungkapnya.

Bernada sama, Ketua RW 3 Kelurahan Sonokwijenan Surip mengucapkan rasa terimakasih.

"Terimakasih untuk layanan Pemkot Surabaya yang cepat, tanggap, dan memuaskan. Dengan dijembatani teman-teman mahasiswa UNAIR, warga menjadi senang." Tutupnya. (KD)

Back to Top