Bonek Wajib Tahu, Ini 6 Pemain Asing Pencetak Gol Terbanyak di Persebaya Surabaya

SURABAYA- Berikut ini 6 pemain asing pencetak gol terbanyak di Persebaya Surabaya di semua kompetisi resmi. Dua di antara mereka masih bermain di Liga 1 Indonesia musim 2023-2024. Siapa saja mereka?

Persebaya Surabaya terus berupa bangkit dari keterpurukan. Salah satunya dengan mendatangkan pelatih anyar, Paul Munster. Saat ini Persebaya berada di peringkat 13 klasemen sementara BRI Liga 1 2023-2024 dengan 26 poin.

Namun hingga saat ini, Persebaya Surabaya belum memiliki striker gacor, seperti enam pemain asing yang masuk dalam daftar 6 pemain asing pencetak gol terbanyak di klub kebanggaan arek-arek Suroboyo.

Mengutip dari akun @stats_rawon, Kamis 11 Januari 2024, berikut ini daftar 6 pemain asing terbanyak mencetak gol bagi Persebaya di kompetisi resmi.

1. Jacksen F. Tiago

Pemilik satu gelar juara Liga Indonesia 1996/97 beserta gelar sepatu emas dengan 26 gol di musim yang sama adalah fenomena di zamannya.

Sang Legenda yang memiliki panggilan akrab "Big Man" selama tiga setengah musim berbaju Persebaya Surabaya sebelum akhirnya pensiun bersama Petrokimia Putra Gresik di musim 2001.

Jacksen F. Tiago total mencetak 42 gol dari 75 penampilannya bersama Persebaya Surabaya.

Setelah tak menjadi pemain, ia mencari peruntungan sebagai pelatih. Terakhir ia mengarsiteki Persis Solo di tahun 2023, namun akhirnya diganti.

2. David da Silva

Siapa tak kenal dia, si pria cepat asal Brazil. Kami memberikan julukan tersendiri baginya "Davigoal". Di masa yang berbeda, David memberikan kesan mendalam bagi Persebaya dan Bonek.

Dari 43 penampilannya bersama Persebaya, pemain yang akrab dipanggil DDS itu mencatatkan 39 gol. Ia lantas mendapat julukan "sang predator".

Saat ini David da Silva masih bermain di BRI Liga 1 2023-2024 dengan membela Persib Bandung.

3. Danilo Fernando

"Vijay" adalah panggilan dari Bonek untuk pemuda Brazil ini. Satu gol "roket" nan berharga di partai terakhir musim 2004 membuat Persebaya Surabaya meraih juara Liga Indonesia untuk kedua kalinya.

Bersama Persebaya, Danilo yang berasal dari Brazil ini mencetak 23 gol dari 32 penampilannya.

4. Fernando Gaston Soler

Memperkuat Persebaya 1927 di era LPI musim 2011/12 dan 2013. Tipikal striker yang mau bekerja keras, mempunyai penempatan posisi bagus serta penyelesaian akhir ekselen.

Fernando mencetak 20 gol dari 37 penampilannya bersama Persebaya Surabaya.

5. Amido Balde

Striker jangkung asal Guinea-Bissau ini rajin mencetak gol di Piala Indonesia 2019 dengan 10 gol dari empat kali bertanding. Dua laga diantaranya mencetak quat-trick.

Di Liga Indonesia 2019, Balde akan selalu diingat atas hat-tricknya ketika melawan Persib Bandung.

Sayangnya, bersama Persebaya ia hanya bermain di 21 pertandingan saja. Namun ia masih bisa mencetak 19 gol.

6. Taisei Marukawa

Ketika datang pertama kali, Taisei mengatakan akan mencetak 10 gol. Harapannya terkabul, berlebih malah. Dengan gaya dribelnya yang cepat dan penyelesaian akhir yang klinis, sebanyak 17 gol akhirnya dicetak di sepanjang musim 2021/22.

Itulah daftar 6 pemain asing pencetak gol terbanyak di Persebaya Surabaya. (*)

Back to Top