Komisi C DPRD Surabaya Apresiasi Gerak Cepat Wali Kota Tangani Banjir di Surabaya Barat

SURABAYA – Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am mengatakan, pihaknya mensupport penuh rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang akan membuat tanggul di wilayah Pakal dan Benowo, sebagai antisipasi banjir ke depannya.

Pemkot Surabaya sebelumnya telah membangun tanggul sungai sepanjang 2,5 kilometer mulai dari kawasan Jalan Pakal Madya hingga Sumberrejo. Pembangunan tanggul sungai itu untuk mencegah luapan air ke rumah-rumah warga akibat banjir kiriman dari wilayah Gresik.

Menanggapi hal itu, Abdul Ghoni menilai langkah pemkot di bawah komando Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang membangun tanggul sepanjang 2 5 Km di wilayah Pakal sebagai langkah taktis dalam pencegahan banjir.

“Terpenting pembangunan tanggul sudah sesuai dengan kajian, baik itu speknya, besteknya. Karena kalau tidak sesuai dengan kajian nanti akan timbul problem baru lagi,” ujar Ghoni dikutip pdiperjuangan-jatim.com, Jumat (23/2/2024).

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya ini menjelaskan bahwa Komisi C sebelumnya sepakat perihal PSU (Prasarana, Sarana, Utilitas) paling tidak bisa dikoneksikan dan menjadi satu solusi bagaimana menanggulangi persoalan banjir.

Pembangunan tanggul di Pakal, jelasnya, harus sesuai dengan spesifikasi dan kualitas material jangan asal bangun.

“Jika main asal bangun tanpa melihat standar spesifikasi yang ada, maka kita akan lakukan pemanggilan pihak terkait sesuai dengan alur dan mekanisme yang berlaku” tegasnya.

Dia menyebutkan, pemanggilan itu menjadi wewenang komisinya dalam bersinergi dengan mitra kerja, agar nantinya pembangunan tanggul benar-benar memberi kenyamanan bagi warga Surabaya yang terdampak banjir.

“Gerak cepat sat-set Wali Kota Eri Cahyadi memberi solusi banjir di Pakal perlu kita apresiasi. Untuk itu, masyarakat agar bersabar karena Pemkot Surabaya sudah melakukan cara dengan membangun tanggul di Pakal,” imbau Ghoni.

Dia menambahkan, Pemkot Surabaya sedang bekerja. Karena itu, dia mengajak masyarakat bersama-sama memberi support rencana pembangunan tanggul di wilayah Benowo dan Pakal tersebut. (*)

 

Back to Top