May Day, Ratusan Ribu Buruh Turun ke Jalanan di Berbagai Daerah

JAKARTA -Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan, May Day 2024 akan diikuti oleh ratusan ribu orang. May Day 2024 juga akan diselenggarakan di ratusan kota industri di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 200 ribu orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia. Antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," kata Iqbal dalam keterangannya dikutip dari RRI, Rabu (1/5/2024).

Sementara, kata Iqbal, untuk di Jakarta, aksi akan dipusatkan di Istana Negara jam 9.30 - 12.30 WIB. Kemudian sebanyak 50 ribu peserta aksi May Day di Istana akan bergerak ke Stadion Madya Senayan, merayakan May Day Fiesta.

Iqbal menjelaskan, ada dua tuntutan utama yang diserukan oleh peserta May Day 2024 di seluruh Indonesia, yakni cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan HOSTUM dan Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah. Adapun sembilan alasan buruh menolak aturan tersebut, adalah, pertama, tentang upah minimum yang kembali pada konsep upah murah.

Kedua, faktor outsourcing seumur hidup, karena tidak ada batasan jenis pekerjaan yang boleh di-outsourcing. Adapun pembatasannya diatur dalam Peraturan Pemerintah.

"Itu artinya, negara memposisikan diri sebagai agen outsourcing," kata Iqbal. Ketiga, pihaknya juga menyoroti tentang kontrak yang berulang-ulang, bahkan bisa 100 kali kontrak. (*)

Back to Top