Warga Surabaya Nekad Mencuri HP Karena Butuh Uang untuk Biaya Persalinan Istrinya

TUBAN- Kasatreskrim Polres Tuban amankan seorang pria berinisial AS (35) warga asal Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, diduga lakukan pencurian ponsel di depan SDN Plumpang, serta dua dus minyak urut cap kapak di salah-satu toko.

Dari hasil pengakuan pelaku, dirinya nekat mencuri dikarenakan faktor ekonomi yang mendesak untuk biaya persalinan sesar istrinya. Dari hasil pencurian HP tersebut dijual ke temannya dan mendapatkan uang sebesar Rp 300 ribu.

Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Rianto mengatakan, kasus ini terungkat saat pelaku melakukan aksi pencurian minyak urut cap kapak. Setelah dilakukan penulusuran, terbongkar pula jika pelaku sebelumnya juga melakukan pencurian HP.

"Kasus pencurian HP merek ipod itu berhasil diungkap, saat pelaku saat ketahuan mencuri minyak urut di salah satu toko di Kecamatan Palang, pada Selasa 23 April 2024 sekitar pukul 19:20 lalu," kata AKP Rianto dikutip Jumat (3/5/2024) dari RRI.

Dalam menjalankan aksinya, Rianto katakan pelaku dibantu oleh salah-satu rekannya yang juga merupakan seorang buronan dengan kasus penyalahgunaan narkoba.

"Hasil dari pengakuan pelaku mengatakan kalau mereka tidak hanya sekali melakukan aksi pencurian. Atas kasus ini mereka akan kami amankan di Mapolres Tuban," ujarnya.

Atas aksi pencurian dengan pemberatan ini, pelaku terancam Pasal 363 ayat (1) ke 3E, 5E KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun. (RRI)

Back to Top