Harga Cabai Merah Naik Lagi Sejak Awal Mei 2024, Satu Kilo Berapa Sekarang? Cek di Sini

JAKARTA- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan cabai merah mulai mengalami kenaikan harga ketika memasuki awal Mei 2024. Harga rata-ratanya tercatat mengalami kenaikan hingga Rp3.594 per kilogram dibanding pekan terakhir April 2024.

"Cabai merah ini yang perlu kita waspadai. Karena beberapa minggu sebelumnya cabai merah sudah mengalami deflasi, tetapi di minggu pertama Mei mulai terlihat kenaikan harga," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jakarta dikutip dari RRI, Selasa (7/5/2024).

Amalia merinci harga rata-rata nasional cabai merah di pekan pertama Mei 2024 menyentuh Rp50.370 per kilogram. Sementara harga di pekan terakhir April 2024 berada di kisaran Rp46.776 per kilogram.

Adapun jumlah daerah yang mengalaminya pun meningkat tajam. Sebelumnya di pekan terakhir April 2024 hanya terdapat 32 daerah, kemudian meningkat menjadi 233 daerah di pekan pertama Mei.

Lebih lanjut Ia pun mendorong agar daerah-daerah yang mengalami kenaikan harga terus melakukan pengendalian. Salah satunya dengan gerakan tanam cabai dan melakukan distribusi cabai dari daerah surplus. (RRI)

Back to Top