Budayakan Transaksi Non Tunai, Bank Indonesia Gelar Madura Digicreative Fest 2024

BANGKALAN - Bank Indonesia (BI) Jatim bersama Pemkab Bangkalan & Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar Madura Digicreative Fest 2024 pada 28-29 Juni 2024 di Gedung Pertemuan HM. Noer UTM, Bangkalan.

Kegiatan ini salah satu rangkaian Pre-Event Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) 2024, yaitu event flagship tahunan BI yang tahun ini rencananya akan dilaksanakan di Jakarta Agustus 2024. Kegiatan juga dirangkai dan disinergikan dengan perayaan Dies Natalis UTM ke-23.

“Sinergi Keuangan Digital & Ekonomi Kreatif menjadi tema utama yang diangkat dalam kegiatan ini, untuk mengetengahkan pentingnya harmonisasi perkembangan teknologi dan keuangan digital diiringi dengan kreativitas masyarakat untuk semakin tumbuh dan berdaya saing di era digital,” ungkap Direktur KPw BI Jatim, Erwindo Kolopaking dikutip Sabtu (29/6/2024).

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi event edukasi bagi masyarakat Kab. Bangkalan Madura, untuk mengenal lebih dekat perkembangan transaksi pembayaran secara non tunai, dan meningkatkan akseptansi penggunaan kanal-kanal pembayaran digital, khususnya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alternatif cara pembayaran non tunai di masyarakat.

“Melalui Digitalisasi sistem pembayaran, masyarakat dapat melakukan transaksi ekonomi dimana saja, dengan Cepat Mudah Murah Aman dan Handal (CeMuMuAh), hal ini sebagaimana visi yang telah dicanangkan BI dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2019-2025,” ucap Erwin.

Madura Digicreative Fest terdiri atas kegiatan Seminar Ekonomi, Digital Talkshow, TOT 1.000 Guru, Workshop Kreativitas, lomba-lomba, Showcasing UMKM & Layanan Jasa Keuangan/Fintech, Fashion Show, layanan penukaran uang BI, QRIS Experience serta hiburan musik yang menghadirkan musisi-musisi lokal Bangkalan dan Nasional.

Terlaksananya Madura Digicreative Fest diharapkan menjadi forum sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk melakukan edukasi keuangan bagi masyarakat, dimana kegiatan ini juga didukung beberapa Penyedia Jasa Pembayaran (Bank & NonBank), Startup Fintech, serta marketplace, antara lain BRI, Mandiri, BNI, BTN, BSI, Bank Jatim, BCA, PT. Pos Indonesia, BliBli, MPStore dan Job2Go.

“Kolaborasi berbagai pihak dalam kegiatan ini diharapkan mendorong peningkatan aktivitas ekonomi mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan menuju Madura yang semakin maju, makmur, dan sejahtera,” tutup Erwin. (*)

Back to Top