Disaksikan Pj Gubernur Jatim, Indonesia Juara Umum Tenis AUG 2024

SURABAYA - Indonesia menjadi juara umum, cabang olahraga (cabor) tenis ASEAN University Games (AUG) 2024, dengan mengoleksi empat emas, setelah pada hari terakhir yang menampilkan lima nomor partai final di lapangan tenis Universitas Negeri Surabaya (Unesa), menambah dua emas, Minggu (30/6/2024).

Tenis diikuti 4 negara, Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Dari tujuh nomor yang dipertandingkan secara keseluruhan, Thailand tampil sebagai pemenang kedua merebut tiga emas dari nomor tunggal putra dan putri serta ganda putra.

Dikutip dari laman Kominfo Jatim, Koordinator Pertandingan Wilayah Unesa, Dwi Cahyo Kartiko mengatakan, kegagalan Indonesia di sektor tunggal putri diawali dari cederanya petenis andalan Fadona Kusumawati yang menyerah dari Watsachol Sawatdee (Thailand) di semifinal, Sabtu (29/6), dengan skor 6-7 (5), 0-3 (ret).

Fadona tak mampu melanjutkan pertandingan pada set Kedua dan harus menyerah karena dehidrasi. Di semifinal lainnya, Fitriani Sabatini juga gagal melaju ke final setelah takluk dari pemain Tangguh Thailand, Viera Deeperm 3-6, 6-7.

Final tunggal putri akhirnya mempertemukan dua pemain Thailand yang dimenangkan Sawatdee 6-4, 7-6, 6-3. Juara tunggal putra diraih Akanit Pumjit setelah menaklukkan andalan Indonesia Gunawan Trismuwantara 6-4, 3-6, 6-3.

Kehadiran Penjabat Gubernur Jatim Adhy Karyono didampingi Rektor Unesa Prof.Dr.Nurhasan rupanya tidak mampu menambah motivasi Gunawan yang malah sering melakukan kesalahan sendiri (Unforced error).

Tim Indonesia untuk AUG 2024 ini, banyak diperkuat petenis asal Jawa Timur (Jatim). Di kelompok putra Jatim, memberikan kontribusi dua atlet yakni Gunawan dan Tegar Abdi, sedangkan di sektor putri menyumbang dua atlet juga, Fadona dan Khofifah Indah Paraswati.

Di nomor ganda putra Tegar Abdi/Lucky Chandra, harus menyerah pada Anapat Timangkul/Majoli Maggioli 6-1, 1-6, 3-6. Indonesia mengambil nomor ganda putri yang dipersembahkan oleh si kembar Fitriani Sabatini/Fitriana Sabrina setelah menundukkan Sawatdee/Viera Deeperm 6-2, 6-2.

Sisa satu pertandingan di nomor ganda campuran yang dimainkan pada sesi terakhir karena menunggu pemain yang merangkap di nomor tunggal sebelumnya, pasangan tuan rumah Gunawan/Fitriana menyumbang satu emas setelah menang dua set langsung atas Yatawee Chimcham/Majoli Maggioli dengan skor 7-5, 6-2 (*)

Back to Top