Perahu Wisata Terbalik Tewaskan 9 Orang, Ini Warning La Nyalla

BACASAJA.ID -Kecelakaan perahu wisata di Waduk Kedung Ombo, yang menewaskan sembilan dari 20 orang penumpang menjadi perhatian Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Senator asal Jawa Timur ini mengingatkan agar pengelola objek wisata memperketat standar prosedur operasional (SOP) keselamatan.

Seperti diketahui, kecelakaan perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021). Insiden itu mengakibatkan 20 penumpang perahu tercebur ke air. 11 orang berhasil diselamatkan, tapi ada enam orang yang meninggal dunia dan tiga orang lagi masih belum ditemukan.

Dengan adanya kejadian tragis itu, La Nyalla mengimbau lokasi wisata Waduk Kedung Ombo ditutup sementara waktu, dan meminta pengelola bertanggung jawab penuh. Menurut La Nyalla, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) juga punya tanggung jawab menjamin keselamatan masyarakat yang berwisata.

“Turut berduka atas kejadian itu. Peristiwa tersebut harus menjadi pelajaran ke depan dan harus ada evaluasi secara menyeluruh. Disparbud seharusnya menjamin keselamatan masyarakat yang berwisata,” papar La Nyalla, Minggu (16/5/2021).

Kemudian, mantan Ketua Umum PSSI itu mengingatkan, seharusnya semua orang yang naik perahu memakai pelampung, dan muatan tidak melebihi kapasitas angkut.

Karena ada korban jiwa, La Nyalla meminta aparat mengusut penyebab insiden tersebut. Pihak yang terbukti melakukan kesalahan/kelalaian prosedur harus bertanggung jawab secara hukum.

"Kalau dilihat dari kejadiannya, kemungkinan besar ada unsur keteledoran manusia. Kami minta insiden itu dibawa ke proses hukum,” tegasnya.

Berdasarkan laporan Anggota DPD RI, lanjut LaNyalla, sejumlah tempat wisata air cenderung mengabaikan standar keamanan untuk pengunjung.

“Saya sudah hubungi beberapa anggota DPD yang ada di dapilnya masing-masing. Saya minta mereka pantau dan tinjau wisata-wisata air di daerahnya. Mereka harus pastikan standar keselamatan pengunjung diterapkan dengan benar,” tandas mantan Ketua KADIN Jatim ini.

Sementara itu, jajaran kepolisian belum menetapkan tersangka kecelakaan perahu wisata di Waduk Kedung Ombo.

"Belum ada penetapan tersangka, namun penyidikan dan penyelidikan terus dilakukan. Kami fokus pada pencarian korban, itu yang jadi nomor satu," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai mengecek Pos Pengamanan di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Minggu (16/5) dikutip dari Antara. (int/bsi)

Back to Top