Mulai 1 Agustus Ini, Ayo Kirim Karya Video dengan Tema Konten Bulan Kemerdekaan, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh di rumahdigitalindonesia.id

BACASAJA.ID - Pemerintah meluncurkan Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia. Rumah Digital Indonesia yang merupakan wadah merayakan Bulan Kemerdekaan ini bisa diakses pada tanggal 1 Agustus 2021 ini.

"Bisa diakses mulai 1 Agustus 2021. Tolong dipasang alarmnya, kalendernya. Rumah Digital Indonesia mulai bisa diakses tanggal 1 Agustus 2021 dan akan hadir selama bulan kemerdekaan," kata Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Minggu (01/8/2021).

Dikatakannya, masyarakat nantinya bisa ikut berpartisipasi dalam Rumah Digital Indonesia. Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dengan mengirimkan video perayaan kemerdekaan bertema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Konten video bisa berupa menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau bermonolog, dan ide-ide perayaan kemerdekaan secara kreatif lainnya seperti TikTok dengan durasi video minimal 1 menit.

Nantinya, video kiriman dari masyarakat itu akan ditampilkan di berbagai panggung dan ruang di Rumah Digital Indonesia. Masyarakat bisa mengirimkan karyanya ke tautan : bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sampai 20 Agustus 2021.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengirimkan video kreasinya atau pun ingin memberikan sumbangsih ide terkait perayaan kemerdekaan, bisa menilik langsung informasi lengkapnya di akun Instagram Rumah Digital Indonesia, @rumahdigitalindonesia.id.

"Anda semua bisa berpartisipasi untuk mengirimkan video kreasi seperti menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau monolog. Kalau ada ide-ide perayaan kemerdekaan secara kreatif lainnya juga bisa dikirimkan ke kita informasi lengkapnya bisa di lihat di Instagram kami di @rumahdigitalindonesia.id," kata Putri.

Pada 1 Agustus 2021, Rumah Digital Indonesia bisa diakses melalui www.rumahdigitalindonesia.id. Putri pun mengajak masyarakat untuk mengikuti festival kemerdekaan virtual ini.

"Dan tentunya nanti 1 Agustus di www.rumahdigitalindonesia.id. Jadilah bagian dari sejarah dengan mengikuti festival kemerdekaan virtual tahun ini," ujar dia.

Putri mengungkapkan, dalam Rumah Digital Indonesia nantinya akan ada arena perlombaan. Lomba-lomba yang sebelum masa pandemi Corona dilakukan secara tatap muka, melalui Rumah Digital Indonesia, perlombaan itu akan digelar secara virtual.

Tak tanggung-tanggung, perlombaan ini bakal diikuti seluruh Indonesia. "

Ada ruang arena perlombaan. Kalau kita bicara 17-an kan erat kaitannya dengan perlombaan. Di sini kita bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, tarik tambang tapi semuanya secara virtual," ujarnya.

"Yang seru bukan cuma bermain. Kita juga bisa berkompetisi antar-peserta. Nanti ada papan skor untuk melihat siapa pemenang dari semua peserta. Jadi kita lomba 17-an tapi persaingannya bukan cuma tetangga 1 RT tapi seluruh Indonesia," lanjut Putri.

Selain itu, kata Putri, Rumah Digital Indonesia juga menyediakan ruang seni dan budaya. Dia menjelaskan, di ruang ini, warga bisa menyaksikan beragam video kreatif dari masyarakat.

"Nah yang kedua ada ruang seni dan budaya dimana kita bisa menyaksikan beragam video kreatif masyarakat. Mulai dari menyanyi lagu nasional, daerah, tari, puisi, drama, sampai film pendek di sini juga ada. Dinding puisi yang menampilkan puisi-puisi para penyair legendaris Indonesia," tuturnya.

Basis utama Rumah Digital Indonesia ini memang hasil karya kreativitas masyarakat. Jadi semuanya bisa berpartisipasi di Rumah Digital Indonesia ini," tambah dia.

Rumah Digital Indonesia ini nantinya juga memiliki bazar virtual. Bazar virtual ini akan berisikan produk-produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan 4 market place. (jnr/kmf/rg4)

Back to Top