Dorong UMKM Pengrajin Naik Kelas , Novita Hardini Gelar Merayu Trenggalek Fashion Week 2022

JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menggelar Merayu Trenggalek Fashion Week 2022.

Acara ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan pesona Trenggalek sebagai lokal wisata domestik Jatim, sekaligus mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sempat terpuruk usai dihantam Pandemi Covid-19.

Dan berlangsung selama dua hari dari tanggal 20-21 Mei di Museum Tekstil Jakarta.

Novita Hardini Mochamad, Ketua Dekranesda Kabupaten Trenggalek memastikan Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 bukan sekadar seremoni tahunan saja.

“Saya menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan dan insan UMKM, untuk memanfaatkan sekaligus menjadikan Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 sebagai momentum kebangkitan perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek,” ujar Novita, Jum’at (20/5).

Istri Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin ini berharap Event Fashion Show Trenggalek yang kali pertama diselenggarakan di Jakarta, dapat mengakselerasi seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek. Khususnya pelaku UMKM agar naik kelas dan mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional.

Terlebih, Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mendukung penuh Merayu Trenggalek Fashion Week 2022.

Novita menyebut, Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 adalah momentum tepat untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat Trenggalek di masa pandemi. Termasuk mewujudkan program 1.000 pengusaha perempuan baru tangguh Indonesia.

“Tidak hanya Pemerintah Pusat, Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 juga mendapatkan dukungan serta menjalin kerjasama dengan beberapa pihak swasta dan profesional yang tentunya dapat menjadi mitra dalam percepatan tumbuh kembang UMKM Trenggalek, dalam kancah nasional hingga Internasional,” ujar Founder UPRINTIS Indonesia itu.

"Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 berbeda dengan event fashion show lain karena lebih menonjolkan kearifan lokal Jatim, khususnya Kabupaten Trenggalek. Di mana bukan hanya menyajikan exhibiton semata namun juga sarat edukasi." jelas Novita yang juga sempat blusukan di Pasar Tanah Abang memperkenalkan batik Trenggalek.

Mengingat juga digelar talkshow seputar dunia UMKM, workshop terkait kearifan lokal Kabupaten Trenggalek. Tujuannya agar pengunjung dapat belajar cara men-canting kain batik langsung dari pengerajin kain batik Trenggalek.

Sekadar informasi, Merayu Trenggalek Fashion Week merupakan annual event yang ke depannya terus diselenggarakan Kabupaten Trenggalek. Untuk tahun 2022 ini, Kota Jakarta terpilih menjadi tempat pelaksanaan event akbar tersebut. (*)

 

Back to Top